Dikabarkan bahwa hari kemarin, 23 Juli 2012, Ariel yang terkenal sebagai vokalis Peter Pan dibebaskan secara bersyarat. Pemilik nama lengkap Nazriel Irham ini telah menjalani dua pertiga masa tahanan sejak 2010 lalu. Banyak yang memperkirakan karier Ariel dan Peter Pan akan menurun setelah pria kelahiran 16 September 1981, Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara ini mendekam di penjara. Namun, nyatanya tidak. Selama “dipesantrenkan”, para penggemarnya malah tak pernah berhenti menengok idolanya tersebut.

Bahkan, keluarnya mahasiswa jurusan Arsitektur Universitas Parahyangan Bandung ini dari lembaga pemasyarakatan Kebon Waru, Bandung banyak dinanti oleh para sahabat Peter Pan dan rekan-rekan musisinya. Apa sih yang membuat Ariel begitu melekat di hati begitu banyak orang, meski ia baru saja menorehkan citra “negatif” di mata masyarakat? Di sini, mencoba membahas lima hal yang bisa ditiru dari sosok Ariel ini.

 

1. Kreatifitas
“Raga pasti mati, namun karya tetap abadi.” Mungkin ungkapan tersebut tepat untuk menggambarkan apa yang telah dicapai oleh Ariel. Karya-karyanya yang diciptakan bersama bandnya tetap hidup dan berhasil menyentuh hati para penggemarnya. Bukti konkret dari kesuksesan karyanya adalah tak surutnya para penggemar Peter Pan yang menanti “kebangkitan kembali” Ariel. Di balik jerujinya pun, Ariel tetap berkarya. Hal ini membuktikan bahwa ia memang benar-benar seorang seniman. Bukti lainnya adalah bahwa karya-karyanya selalu menjadi hits. Oleh karena itu, apa jadinya Peter Pan tanpa Ariel.

2. Karismatik
Sebagai seorang ‘frontman’ karakter karismatik memang diperlukan, terlebih seorang pemimpin sebuah kelompok atau band. Ciri seperti ini telah dimiliki Ariel dan patut ditiru oleh siapa pun yang menjadi seorang pemimpin. Gayanya yang kalem, suaranya yang berat, dan rupanya yang “ikonik” membuat Ariel digemari banyak orang. Bukti nyatanya bahwa ia berkarisma adalah rekan-rekan satu bandnya tidak meninggalkan Ariel setelah mendekam di penjara. Malah mereka setia menanti dan siap membuat kejutan.

3. Badan yang Atletis
Siapa yang tidak setuju apabila menjadi sehat tidak patut ditiru? Siapa pun harus sehat. Badan Ariel yang atletis menunjukkan bahwa ia tidak lepas dari olahraga. Dan memang sudah merupakan tuntutan seorang penyanyi untuk selalu memperhatikan kondisi pernafasannya. Penyanyi yang baik dituntut untuk membentuk tubuhnya secara proporsional, agar saluran pernafasannya baik dan menghasilkan suara yang bagus. Bertahun-tahun berkecimpung di dunia musik dan tidak adanya kasus narkoba membuktikan bahwa ia adalah orang yang memperhatikan kesehatan.

4. Rajin Baca
Ia pun mengaku bahwa ia senang membaca buku, khususnya karya-karya Khalil Gibran. Selama mendekam dalam penjara pun ia rajin membaca buku Soe Hok Gie dan Khalil Gibran. Tidak semua penulis lagu, khususnya band yang “kacangan”, rajin membaca buku. Padahal buku merupakan salah satu sarana jitu untuk menulis lagu. Dalam lirik-liriknya pun, Ariel termasuk orang yang “dalam” ketika menulis. Dikutip majalah Rolling Stones Indonesia, Noey Java Jive, produser Peter Pan, mengakui bahwa Ariel termasuk perfeksionis dalam memperhatikan lirik, meski lirik yang sudah ada sudah mencukupi ketika rekaman.

5. Multitalented
Selain sebagai vokalis band, Ariel juga pernah membintangi film popular Sang Pemimpi (200) dan menjadi model iklan Sunsilk, XL, dan Lux. Bahkan saat kecilnya ia memiliki hobi menggambar. Hobi tersebut membuatnya memutuskan untuk mengambil kuliah jurusan arsitektur.
Bakat saja tidak cukup. Butuh keberanian untuk mengambil semua kesempatan yang datang. Dan ia pun pintar dalam memanfaatkan kesempatan. Apalah jadinya punya bakat banyak namun tidak ada “aksi” untuk menuju sukses.
Demikian, pembahasan kami mengenai hal-hal yang bisa ditiru oleh pembaca sebagai motivasi untuk sesukses Ariel atau bahkan lebih. Bila pembaca punya opini lain, silahkan beri komentar. (**)

Ada yang bilang, “Saya tidak menilai seseorang dari masa lalunya, tetapi saya melihat karya-karyanya yang sungguh luar biasa..” Jadi? Gimana pendapat kamu?