DuniaQ Duniamu

Pakar dermatologis dari Los Angeles Dermatologist, Dr. Jessica Wu, M.D. menyarankan kita untuk lebih memperhatikan bagaimana cara mendapatkan kulit yang sehat. Hal penting apalagi yang menentukan menarik atau tidaknya penampilan kita? Berikut cara mendapatkan penampilan cantik.
– Minimalkan pelembab
Saat cuaca panas, perawatan kulit juga harus menyesuaikan dengan kelembaban udara. Pada cuaca seperti ini, Anda harus mengganti kosmetik dengan memilih produk yang formulanya lebih lembut, sehingga tidak membuat kulit lebih berminyak, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan jerawat.
Intinya, cari produk pelembab yang tidak mengandung banyak minyak. Udara kering bukan berarti Anda harus mengoleskan banyak pelembab pada wajah.
– Lindungi rambut
Matahari, air yang mengandung garam, dan klorin adalah musuh utama rambut. Hindari kontaminasi ini untuk menjaga agar tekstur rambut tidak kering dan kehilangan pigmen warna.
Saat Anda selesai berenang, keramas segera mungkin. Bilas rambut hingga bersih dan gunakan kondisioner untuk melembabkannya kembali. Kemudian, gosokkan krim SPF pada kulit kepala. Untuk jenis rambut kasar, Anda dapat memilih formula minyak. Sebaliknya, untuk jenis rambut keriting, hindari kandungan minyak pada produk perawatan rambut.
– Teh hijau untuk mengatasi sunburn
Penelitian menunjukkan jika teh hijau memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Teh hijau juga mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar matahari dan mencegah kanker karsinogen.
Dr. Wu yang juga menulis buku “Feed Your Face” menyarankan Anda untuk mengompres kulit dengan menggunakan teh hijau selama lima hingga sepuluh menit. Anda dapat melakukannya dua atau tiga kali setiap harinya. “Celupkan kantung teh pada air dingin, lalu letakkan pada bagian kulit yang terbakar, ini akan mengurangi kemerahan dan rasa perih”.
Selama masa penyembuhan ini, Anda disarankan juga untuk mengoleskan krim aloevera dan obat penghilang rasa sakit, seperti aspirin. Ia juga menyarankan alternatif lain, yakni buah tomat.
Penelitian di Newcastle dan Manchester University menunjukkan bahwa likopen pada tomat dapat mengatasi masalah kulit terbakar.
– Perhatikan kesehatan kuku
Luangkan waktu  untuk melakukan meni dan pedicure. Jika Anda melakukannya di salon, pastikan alat yang digunakan sudah melalui proses sterilisasi untuk meminimalkan bakteri. Perawatan kecantikan ini memang paling potensial menularkan virus.
Berikutnya, mintalah pada terapis untuk tidak memotong kutikula. Alasannya, kutikula berfungsi sebagai pelindung bagi kuku dari bakteri dan jamur.
Untuk membersihkan kuku dari kutek, pilih remover yang tidak mengandung formalin. Bahan ini menjadi penyebab kerusakan kuku seperti, keretakan dan kekeringan. Untuk menutrisi kuku, berikan pijatan lembut dengan minyak almond yang mengandung emollient.
– Cegah keringat
Keringat adalah hal kecil yang sangat merusak penampilan. Untuk mengurangi kelebihan keringat, Anda disarankan untuk mengoleskan deodorant setelah mandi. Namun, jika sudah terlanjur berkeringat, gunakan pengering rambut dengan suhu dingin untuk mengeringkan bagian ketiak.
Pada beberapa kasus ekstrem dengan jumlah keringat yang sudah melampaui batas, biasanya dokter akan memberikan suntikan botox. Injeksi ini akan memblokir sinyal dari syaraf untuk mengatur produksi keringat