Jumat, 27 Desember 2013.

Pertama sekali mendengar singkatan ini BBB, pikiran saya langsung menuju grup vocal yang membawakan lantunan lagu Lets Dance Together yang hits di tahun 2007. Ya, grup vocal yang bernama Bukan Bintang Biasa. Namun setelah diulik lebih dalam lagi, ternyata bukan itu kepanjangannya. Dialah si Big Blue Button. Big Blue Button ini merupakan aplikasi Software as a Service berbasis website yang dapat menampilkan interakasi video, audio dan tulisan.

                Waktu pertama sekali diperkenalkan oleh teman saya, sempat saya merasa bingung bagaimana proses kerja daripada aplikasi ini. Namun seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya saya semakin mengerti bagaimana cara mengoperasikannya. Aplikasi ini dapat berjalan dengan maksimal hanya berjalan apabila terdapat koneksi internet, sambungan audio dan video dari PC. Aplikasi ini menurut saya adalah aplikasi pengembangan dari aplikasi skype. Kalau di skype, biasanya kita melakukan interakasi dengan satu orang saja, nah di Big Blue Button ini kita dapat melakukan interaksi dengan banyak pengguna.

                Jadi, apablia dideskripsikan secara umum, pekerjaan yang akan kami lakukan selama di POLDA adalah mengoperasikan bagaimana Big Blue Button ini dapat berjalan di POLDA masing-masing. Singkat cerita apa hubungan BBB dengan PTIK dan juga pekerjaan kami? Jadi pada tahun ini, STIK-PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) akan mengadakan Program Pendidikan Jarak Jauh kepada AKPOL yang belum kuliah di PTIK. Nah, bagaimana cara mereka belajar dari POLDA mereka masing-masing, jawabannya melalui Web Conference. Untuk memperlancar proses pembelajaran jarak jauh ini, jadi kami dari mahasiswa ITB akan membantu dalam pembangunan jaringan di 31 Provinsi di Indonesia sehingga perkuliah web conference dapat berjalan dengan baik.

                Jadi setelah melakukan assessment terhadap jaringan internet, pekerjaan dilanjutkan dengan test pengoperasian aplikasi Big Blue Button. Rasa penasaran timbul, apakah sangggup modem USB saya mengakases aplikasi Big Blue Button, Conference dari server yakni STIK-PTIK. Dengan keadaan ruangan kelas yang panas dan gerah saya memberanikan diri untuk melakukan ujicoba. Swing. Bagikan mimpi di siang bolong tak disangka koneksi jaringan internet modem usb saya dapat mengakses aplikasi Big Blue Button Conference PTIK. Dan gambar di bawah ini adalah kali pertama wajah saya dan wajah teman-teman saya muncul di aplikasi webconference Big Blue Button. 

Cek Video Conference dengan Pak Edi

Hari demi hari berlalu saya dengan gigih terus mencoba dan melakukan assessment jaringan di SPN POLDA SUMUT agar penerimaan gambar dan suara dari sini dapat diterima dengan baik di STIK-PTIK.