Senin, 30 Desember 2013.

Semua aplikasi yang diciptakan memang tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan Big Blue Button ini. Padahal bandwidth koneksi internet yang saya miliki sudah melebihi 1 Mbps. Ternyata lingkup permasalahan tidak hanya terjadi di client (POLDA). Akan tetapi, permasalahan bandwidth juga ada di penerima yakni server di PTIK. Setelah saya amati dan saya pelajari, apabila ada 3 sampai 5 client yang masuk ke dalam aplikasi Conference PTIK Big Blue Button, dapat dipastikan aplikasi dapat berjalan sesuai dengan harapan. Namun, permasalahannya client yang harus masuk di dalam aplikasi BBB, ada 31 Client. Nah apabila sudah melebihi 5 Client, maka permasalahan barupun muncul.

Freeze, saya rasa ini adalah bagian yang sangat menjengkelkan. Freeze adalah saat-saat dimana Video yang ada di dalam aplikasi BBB, sontak terdiam dan tidak dapat bergerak. Mengatasinya, harus login lagi dari awal. Itupun kalau berhasil masuk, kalau tidak ya bakal loading lama, dan paling parah kita akan menemukan “Error, Page Not Found”. Kemudian masalah tidak bisa share audio dan video. Apabila permasalahan ini sudah datang, yang diperlukan adalah menambah kesabaran. Cara mengatasinya login dari awal. Ini lagi masalah yang sangat-sangat membuat kita geram. Posisinya kita lagi enak-enaknya berbicara dan menatap wajah  teman-teman di aplikasi, eh tiba-tiba aplikasi malah logut dengan sendirinya. Cara mengatasinya kembali mengecek bandwidth internet, kemudian login lagi dari awal. Kalau beruntung bisa masuk, nah kalau tidak? Coba lagi dan coba lagi. Gambar di bawah ini adalah salah satu kasus apabila user yang masuk sudah banyak di dalam aplikasi, maka problem di atas akan segera terjadi.

4

Anehnya permasalahan ini selalu terjadi setiap hari selama saya melakukan ujicoba Big Blue Button. Merasa geram dengan masalah ini, saya langsung ke sumber aplikasi untuk mencari tahu. Dan setelah dikaji lebih dalam, ternyata aplikasi Big Blue Button ini adalah aplikasi web conference versi gratis. Dalam hati saya baru mengerti, ya mungkin karena gratis jadi untuk error handlingnya belum maksimal dibuat dalam aplikasi. Bukan cuman saya yang mengalami permasalahan ini. Tetapi juga teman-teman saya yang jauh di sana, dekat di mata mengalami permasalahan yang sama juga. Dan syukurnya, kami sudah memiliki grup facebook dan grup BBM terlebih dahulu, sebagai wadah kami untuk saling bertukar informasi dan berembuk untuk mencari pemecahan masalah.