Jumat, 3 Januari 2014.

Sekarang sudah tanggal 3 Januari 2014 dan pada hari ini adalah hari dimana akan dilakukan gladi kotor Program PJJ STIK-PTIK. Melihat masih banyak kekurangan di sana-sini maka dilakukanlah perubahan pergantian tempat gladi kotor. Setelah menerima instruksi dari Pak Edi yang mengatakan bahwa gladi kotor akan dilaksanakan di Mapolda dengan latar belakang koneksi internet di Mapolda sudah menggunakan Astinet, jadi permasalahan seperti video freeze dan trouble lainnya dapat diatasi.

Pagi hari saya langsung bergegas mempersiapkan seluruh perangkata hardware pendukung web conference, kemudian saya diantar ke POLDA SUMUT. Berikut rungan conference POLDA SUMUT, dan disinilah saya akan melakukan setting peralatan dan aplikasi BBB sehinngga gladi kotor dapat berjalan. Berikut ini adalah hasil setting dan proses conference yang sedang berjalan dimana di dalam gambar terlihat Pak Patar Silalahi selaku Kabag Seleksi SDM dan Pak Fahmi selaku Kabag Dalpers.

gladi_kotor

Waktu yang tidak menentu, kapan dimulainya conference mulai terasa mengganggu. Akhirnya kira-kira pukul 13:30 conference pun dimulai dan PaK Edi mulai memberikan Paparannya. Dan gladi kotor ini masih berlanjut ke hari kedua yakni sabtu. Di hari sabtu dan diakhir penyampaian, beliau menuturkan kalau Gladi Bersih akan dilakukan di tempat asal dimana kita sering melakukan uji coba. Untuk SUMUT berarti harus kembali lagi ke SPN. Segera peralatan-peralatan komponen PJJ saya bawa kembali lagi di SPN. Tampak di SPN masih dilakukan pembenahan-pembenahan. Hari senin, akan dimulai gladi bersih pertama. Saya dan pihak-pihak yang terlibat segera membenahi ruangan untuk dipakai nantinya untuk gladi bersih dan launching.

Pada saat gladi bersih terdapat perubahan tentang penggunaan aplikasi video conference. Kalau kemarin untuk ujicoba sampai pada tahap gladi kotor, kita menggunakan aplikasi BBB, pada saat gladi bersih, tiba-tiba aplikasi berubah diganti. Aplikasi yang digunakan dikenal sebagai Webex, aplikasi yang dibangun oleh CISCO. Mulai dari nol lagi untuk memahami lebih dalam lagi tentang aplikasi ini. Dikarenakan interface aplikasi Webex ini berbeda jauh dengan aplikasi Big Blue Button. Dicoba dan terus dicoba, akhirnya bisa juga. Lega sudah. Untuk tampilan saya lebih prepare ke BBB namun untuk kestabilan proses conference, Webex lebih sedikit eror yang ditemui. Dan ternyata aplikasi webex ini sudah versi berbayar. Jadi lebih stabil. Berikut adalah contoh interface aplikasi web conference Webex.

Jateng-Pak Bambang2

Oke, gladi bersih kelar instruksi untuk launching pun diberikan.

DSC_0365

Pada gambar terlihat jajaran dari POLDA SUMUT yang sedang mengikuti web conference pada saat gladi bersih.